Lihat Yang Lain:

Listrik Otomotif cari tahu

25 September 2012

pengertian (AC) listrik arus bolak-balik

Lihat Yang Lain:

Listrik Otomotif cari tahu


 
AC (Alternatting Current)


Arus bolak-balik (AC/alternating current) adalah arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Berbeda dengan arus searah dimana arah arus yang mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Namun dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (triangular wave) atau bentuk gelombang segi empat (square wave).

Thomas Edison dianggap berjasa menemukan bohlam listrik, tetapi energi yang terbuang dalam bentuk panas merupakan suatu kerugian.
Bunyi menggelegar setelah pancaran kilat. Terjadi karena udara yang dipanaskan oleh pelepasan arus listrik mengembang secara tiba-tiba, sehingga udara itu dengan dahsyat berpindah dari alur kilat dan kembali lagi di belakangnya
Kelebatan cahaya yang amat terang sebagai hasil pelepasan arus listrik atmosferis antarawan atau antara awan dengan bumi. Fenomena yang menyertai badai guntur ini umum terjadi di Israel selama musim semi dan musim gugur yang banyak hujan dan khususnya memuncak pada bulan November atau bulan Desember yang dingin.
 
Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya (misalnya PLN) ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk. Namun ada pula contoh lain seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Di dalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode di dalam sinyal arus bolak-balik tersebut.